Tips Membuat Proposal agar Lolos Pendanaan PKM 2021

Reviewer dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wachyu Hari Haji, yang sekaligus verifikator SMIKATMAWA Kemendikbud. Wachyu menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan berdasarkan sudut pandang reviewer serta tips agar lolos seleks Proposal PKMI 2021.

Ada beberapa alasan kenapa proposal PKM ditolak pendanaannya. Antara lain, salah format atau administrasi (tidak sesuai panduan), topik proposal yang sering diajukan (berulang atau sudah sangat umum) dan tujuan proposal tidak sesuai dengan bidang progam yang akan diikuti. Selain itu, yang pertama kali diperiksa oleh reviewer adalah format penulisan.

Sumber inspirasi dapat pula dilihat melalui permasalahan dan kegelisahan publik, sehingga mahasiswa dapat menciptakan solusi berupa gagasan atau produk yang unik. Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan ide di antaranya adalah kebermanfaatan ide, keunikan, menarik, memberikan inovasi, spesifik kebaruan dan referensi atau data yang bisa diperoleh. Kata kunci dari ide kreativitas mahasiswa adalah idenya harus nyentrik, evolutif dan menantang.

Apabila telah memiliki ide, sebaiknya segera tuliskan. Sebab, sebuah ide belum dianggap ada kecuali sudah menjadi rangkaian kata-kata. "Biasanya ide datang dari permasalahan atau adanya kesenjangan antara keinginan ide yang diangankan dengan kenyataan aktual.

Saat ini, ada delapan bidang pada PKM, yakni penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, teknologi, karsa cipta, artikel ilmiah, gagasan tertulis dan gagasan futuristik konstruktif. Pada PKM Kewirausahaan misalnya, kata dia, mahasiswa diharapkan dapat menciptakan suatu produk inovasi yang sebelumnya sudah ada survei pasar dan terbukanya peluang pasar, serta tidak menjadi kompetitor produk sejenis yang merupakan penghasilan masyarakat.

Proposal yang diajukan harus mampu menggambarkan peluang dan rencana usaha yang akan diajukan serta potensi keberlanjutannya. Output dari program ini adalah laporan kemajuan, laporan akhir dan artikel ilmiah produk usaha.

Muara dari PKM ini adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).  Langkah-langkah menuju Pimnas dimulai dari pengajuan proposal, proposal terpilih untuk didanai dan melakukan pelaksanaan program. Langkah selanjutnya adala monitoring dan evaluasi. Hasil dari monitoring dan evaluasi ini menjadi penentu lolos atau tidak tim tersebut ke Pimnas.

Agar dapat lolos Pimnas, tim harus memiliki skill komunikasi, menulis dan presentasi, patuh terhadap pedoman dan disiplin.

Sumber: Tips Membuat Proposal agar Lolos Pendanaan PKM 2021 | Medcom.id | LINE TODAY

https://today.line.me/id/v2/article/Ly5GJ2